[NEW]   Telah Terbit Informasi Publik RENKIN Inspektorat Jenderal Tahun 2025.     [NEW]   Telah Terbit Regulasi Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2023.     [NEW]   Telah Terbit Majalah Solusi Menghitung Kerugian Keuangan Negara.
Detail Informasi

Partisipasi Inspektorat Jenderal pada Expo Pengawasan Tahun 2023

Dipublikasikan pada 20 Jun 2023
Partisipasi Inspektorat Jenderal pada Expo Pengawasan Tahun 2023

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah menyelenggarakan Expo Pengawasan Tahun 2023 pada tanggal 19 Juni 2023 bertempat di Taman Mini Indonesia Indah. Tujuan dari penyelenggaraan expo ini adalah untuk menampilkan hasil kerja, hasil karya, kontribusi inovasi, sharing knowledge (berbagi pengetahuan) tentang pengawasan di masing-masing Instansi. Pada acara tersebut, Inspektorat Jenderal Kementerian Perindustrian turut serta mengekspos kegiatan-kegiatan pengawasan dan pengawalan seperti menampilkan hasil pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (wbk) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (wbbm). 

Pembangunan Zona Integritas dilaksanakan oleh 53 (lima puluh tiga) unit pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Perindustrian. Evaluasi yang dilaksanakan bertujuan untuk menilai progress pelaksanaan pembangunan ZI pada satuan kerja serta untuk menetapkan unit kerja berpredikat WBK/WBBM. Selain melaksanakan evaluasi, Inspektorat Jenderal melaksanakan pembinaan dan pendampingan terkait Pembangunan Zona Integritas kepada satuan kerja di Kementerian Perindustrian. Selain penilaian Zona Integritas, hasil Survei Penilaian Integrasi (SPI) juga ditampilkan pada Expo tersebut. Perolehan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang telah diperoleh Kementerian Perindustrian sebanyak 14 kali berturut-turut juga ikut ditampilkan.

Capaian IACM Inspektorat Jenderal tahun 2022 yang dihadirkan dalam Expo tersebut didasari  pada hasil evaluasi BPKP atas Penilaian Mandiri Penyelenggaraan Kapabilitas, Inspektorat Jenderal Kementerian Perindustrian berada pada Level 3 (Delivered).  Pada level ini, Inspektorat Jenderal Kementerian Perindustrian telah melaksanakan pengawasan (assurance dan consulting) sesuai dengan standar dan hasil pengawasan memberikan keyakinan memadai atas ketaatan dan efektivitas, efisiensi dan ekonomis (3E), peringatan dini, peningkatan efektivitas manajemen risiko, serta perbaikan tata Kelola. Capaian lainnya yaitu realisasi belanja Produk Dalam Negeri oleh Kementerian Perindustrian pada Tahun 2022 sebesar 85,7% berdasarkan data e-monitoring APBN Kementerian Perindustrian terhadap 15 akun belanja. Capaian realisasi itu melebihi dari target belanja produk dalam negeri yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perindustrian pada Tahun 2022 sebesar 80%. Prestasi APIP Kementerian Perindustrian juga dapat dilihat dari jumlah APIP yang telah mendapatkan diklat kompetensi/profesi di bidang pengawasan seperti CGCAE, QIA, CRMO, CRMP, CFRA, CGAP, CIA dan CGAA. 

Penyelenggaraan Expo ini dimaksudkan sebagai wadah membangun kolaborasi antar APIP di seluruh Kementerian/Lembaga di Indonesia.

Video
KEMENPERIN
BPK
KPK
BPKP
MENPAN RB
LKPP
OMBUDSMAN
SP4N Lapor
STRANASPK
IIA Indonesia