Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Audit Kinerja

Inspektorat Jenderal Kementerian Perindustrian

I. Identitas Responden

II. Petunjuk Pengisian Kuesioner

Silahkan Saudara mengisi jawaban pada kotak yang telah disediakan atas pernyataan-pernyataan di bawah ini dengan memberikan tanda ( √ ) sesuai pilihan Saudara dan memberikan komentar atau saran tentang pelaksanaan Audit Kinerja yang konstruktif bagi pembinaan dan pengembangan tugas dan fungsi organisasi.

III. Kuesioner

A. Pelaksanaan Audit

1. Apakah Auditi (Unit/Satuan Kerja/Kantor) menerima Surat Pemberitahuan pelaksanaan Audit Kinerja sebelum pelaksanaan ?
2. Jika jawaban Poin 1. ”Ya”, tuliskan Nomor dan Tanggal Surat Pemberitahuan
3. Apakah Audit Kinerja dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan ?
4. Jika jawaban Poin 3. “Tidak”, sebutkan tanggal pelaksanaan Audit Kinerja
5. Jika terjadi perubahan jadwal Audit Kinerja, apakah terdapat komunikasi antara Auditor dengan Auditi tentang perubahan waktu pelaksanaan Audit Kinerja ?
6. Jika jawaban Poin 5. “Ya”, Apakah perubahan disampaikan secara tertulis sebelum pelaksanaan Audit ?
7. Jika jawaban Poin 6. “Ya”, tuliskan Nomor dan Tanggal Surat tersebut?
8. Jika jawaban Poin 6. “Tidak”, apakah Informasi tanggal/waktu dan lama kegiatan Audit Kinerja dikonfirmasikan terlebih dahulu oleh Pihak Auditor/Inspektorat Jenderal ?
9. Tuliskan Tanggal dan Lama Audit Kinerja yang terlaksanakan
10. Pada saat pelaksanaan audit, apakah dilakukan opening meeting ?
11. Apakah jumlah Auditor yang hadir untuk melaksanakan Audit Kinerja sesuai dengan Surat Tugas ?
12. Tuliskan jumlah Auditor yang hadir selama kegiatan Audit Kinerja
13. Menurut Saudara, bagaimana jumlah Auditor yang melaksanakan Audit Kinerja ?
14. Jika jawaban Poin 12. “Banyak” atau “Sedikit” menurut Saudara berapakah jumlah Auditor yang ideal melaksanakan Audit Kinerja?
15. Apakah Nama–nama Auditor yang hadir untuk melaksanakan Audit Kinerja sesuai dengan Surat Tugas ?
16. Sebutkan Nama-nama Auditor yang hadir
17. Jika jawaban Poin 14. “Tidak”, apakah Auditor yang hadir mengutarakan alasan ketidakhadiran/perubahan nama Auditor tersebut? Jika jawaban Poin 14. “Ya” lanjut ke Nomor 19.
18. Jika jawaban Poin 16. “Ya”, apakah ada perubahan Surat Tugas?
19. Jika jawaban Poin 17. “Ya”, tuliskan Nomor dan Tanggal Surat Tugas yang baru
20. Apakah Auditor menyampaikan ruang lingkup dan jadwal Audit Kinerja ?
21. Apakah pada saat dilakukan audit, permintaan dokumen dan data disampaikan sebelumnya atau selama opening meeting secara rinci ?
22. Apakah semua data yang diminta dapat dipenuhi ?
23. Jika jawaban Poin 21. “Tidak”, data apa yang biasanya sulit dipenuhi ?
24. Apakah dilakukan proses klarifikasi temuan dan penyampaian feedback dari auditi ?
24.b Dalam proses klarifikasi temuan dan penyampaian feedback dari auditee terdokumentasikan dalam matrik temuan ?
25. Bagaimana pengumpulan bukti saat pelaksanaan audit ?
26. Pada saat penutupan pelaksanaan Audit, apakah dilakukan closing meeting ?
27. Apakah Auditor (Pengendali Teknis dan Ketua Tim) sudah menandatangani Matriks Temuan pada saat Audit Kinerja berakhir ?
28. Jika Jawaban Poin 26. “Ya”, sebutkan nama Auditor (Pengendali Teknis dan Ketua Tim) dan Auditi yang menandatangani Matriks Temuan, Jika jawaban Poin 26. “Tidak” lanjut ke Nomor 30.
29. Apakah Auditor (Pengendali Teknis dan Ketua Tim) menyampaikan Matriks Temuan yang sah (ditandatangani oleh Auditor dan Auditi) pada hari terakhir pelaksanaan Audit Kinerja ?
30. Jika jawaban Poin. 28 “Ya”, tuliskan tanggal Matriks Temuan dikeluarkan
31. Apakah format Matriks Temuan ditulis dengan lengkap, jelas & logis ?
32. Dari jumlah total hari Audit, berapa persen yang efektif digunakan ?
33. Apakah kinerja baik unit kerja Saudara dituangkan dalam laporan audit intern ?

B. Fokus Pengawasan

1. Apakah instansi Saudara sudah menentukan resiko kegiatan tahun pemeriksaan (Peta Resiko) ?
2. Apakah kegiatan yang beresiko telah tertuang dalam Peta Resiko Instansi Saudara ?
3. Apakah fokus pemeriksaan Auditor selaras dengan kegiatan beresiko yang tertuang dalam Peta Resiko ?

C. Hasil Pengawasan

1. Apakah Auditor menyampaikan hasil Audit Kinerja secara jelas & mudah dipahami ?
2. Apakah saran dan rekomendasi yang diberikan memberi nilai tambah dan perbaikan bagi unit Saudara ?
3. Apakah saran dan rekomendasi Audit Kinerja dapat ditindaklanjuti ?

D. Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan

1. Berapa lama biasanya SPM diterima dari hasil selesainya pengawasan ?
2. Apakah temuan dan saran yang tertuang dalam SPM sama dengan yang disampaikan pada Closing Meeting ?
3. Berapa lama rata-rata waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan ?

IV. KOMENTAR/SARAN

Komentar/saran Saudara untuk peningkatan program/kegiatan Audit Kinerja Inspektorat Jenderal

V. BUKTI FISIK (disiapkan oleh Petugas Survei)

1. Surat Tugas/ ST Audit Kinerja (Subag TU Inspektorat/Bag Keuangan ITJEN)
2. Surat Perjalanan Dinas/SPD Audit Kinerja (Bag Keuangan ITJEN)
3. Matriks Temuan (Satuan Kerja/Satker)

VI. BUKTI FISIK TAMBAHAN LAINNYA (bila diperlukan)

Peta Kami


Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Gatot Subroto Kav. 52-53
    Jakarta Selatan, 12950
    Telepon: +62 21 5255 509 ext 2737
    Email: itjen@kemenperin.go.id

Link Terkait

Badan Pemeriksa Keuangan Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Komisi Pemberantasan Korupsi LKPP-WBS
KPK-WBS Tolak Gratifikasi ZI KEMENPERIN
Top