Internalisasi Visi dan Misi (Novriza Ardhana P.)

2019-04-25 21:27:23

Proses learning tidak hanya intelektual atau fokus, tetapi pembelajaran bisa dalam keadaan fun dan enjoy, yang juga dapat meningkatkan produktivitas. Imperial Palace di Jepang bertahan dari gempa karena pondasinya yang kuat. Berdasarkan hal tersebut, beberapa pakar manajemen menganalogikan kuatnya pondasi sebuah bangunan dengan ketahanan organisasi. Organisasi kuat karena ditopang oleh pondasi yang kuat, terdiri dari prinsip integritas, kompetensi dan beyond the expectations. Sebagai contoh, salmon adalah ikan yg kaya dengan vitamin dan merupakan ikan unggulan, karena ikan salmon adalah ikan pejuang yg bermigrasi selama 4-7 tahun di laut dan kembali lagi ke tempat awal (hulu sungai). Selama perjalanan pulang tersebut, ikan salmon tidak makan (berpuasa). Nilai yang dapat diambil dari kisah salmon dalam kaitannya dengan organisasi adalah agar organisasi dapat bertahan dan kuat, maka harus memiliki visi, nilai-nilai dan juga target.

Pentingnya sebuah visi bukan bersifat normatif. Visi dan misi menjadi landasan bagi majunya sebuah organisasi dan juga diterapkan dengan penuh komitmen. Eksekusi dengan totalitas, maka akan tercapai visi misi sesuai tujuan. 70% transformasi gagal karena menggunakan kepala tanpa hati dan poor execution of leadership. Persaingan antara taxi konvensional dgn online menunjukan bahwa kita harus bisa beradaptasi dgn perubahan yang kompetitif. Intinya adalah jangan pernah lelah dalam mengembangkan kompetensi. Menjadi BUMN yang dibanggakan oleh masyarakat adalah pendorong PT. KAI dalam melakukan perubahan inovatif yang penuh komitmen, sebagai suatu strong why (kekuatan yang mendasar).

Orang yang mencapai kebahagiaan tertinggi adalah orang yang mengeluarkan potensinya lebih dari maksimal. Derek Redmond adalah pelari pada Olimpiade Barcelona mendapatkan cedera parah di tengah-tengah perlombaan. Namun, Derek Redmond memiliki tekad yang kuat, sehingga meskipun tertatih-tatih, dia mampu mencapai garis finish dengan bantuan oleh sang ayah. Hal ini memiliki pesan bahwa motivasi yang kuat akan pencapaian target serta ditopang oleh lingkungan yang mendukung, akan membuat sebuah organisasi semakin tumbuh dan kuat.