[NEW]   Telah Terbit Informasi Publik RENKIN Inspektorat Jenderal Tahun 2025.     [NEW]   Telah Terbit Regulasi Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2023.     [NEW]   Telah Terbit Majalah Solusi Menghitung Kerugian Keuangan Negara.
Detail Informasi

Bimbingan Teknis E-Procurement Regional Timur Indonesia

Dipublikasikan pada 09 Sep 2022
Bimbingan Teknis  E-Procurement Regional Timur Indonesia

Inspektorat Jenderal bekerja sama tim pengadaan barang dan jasa dari satuan kerja di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin di regional timur Indonesia. Satuan kerja tersebut adalah Politeknik ATI Makassar, Akademi Komunitas (Akom) Manufaktur Bantaeng, Balai Diklat Industri (BDI) Makassar, Politeknik Industri Logam Morowali, BDI Denpasar. Kemudian Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam, dan Maritim (BBIHPMM). Acara ini diselenggarakan di Politeknik ATI Makassar pada tanggal 8 September 2022. 

Kegiatan Bimbingan Teknis e-Procurement melalui Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dibuka oleh Sekretaris Jenderal Bapak Dody Widodo dan Inspektur Jenderal Bapak Masrokhan. E-Procurement adalah proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik dan berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum secara elektronik yang diselenggarakan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Latar belakang adanya Bimtek ini antara lain:
1. Untuk mendorong penggunaan Produk Dalam Negeri
2. Belum maksimalnya pemanfaatan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) untuk pengadaan langsung di lingkungan Kemenperin

Melalui Bimtek ini, diharapkan mampu mendorong penggunaan Produk Dalam Negeri melalui pemanfaatan SPSE dalam proses pengadaan barang/jasa.

Pada kesempatan kali ini Inspektur Jenderal dan Sekretaris Jenderal juga melakukan kunjungan ke SMK SMAK Makassar dan Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam dan Maritim Makassar.

Video
KEMENPERIN
BPK
KPK
BPKP
MENPAN RB
LKPP
OMBUDSMAN
SP4N Lapor
STRANASPK
IIA Indonesia