[NEW]   Telah Terbit Informasi Publik PERKIN Inspektorat Jenderal Tahun 2023.     [NEW]   Telah Terbit Regulasi Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2023.     [NEW]   Telah Terbit Majalah Solusi Menghitung Kerugian Keuangan Negara.
Detail Informasi

Bimbingan Teknis Pengisian Aplikasi Siswas P3DN

Dipublikasikan pada 20 Sep 2022
Bimbingan Teknis Pengisian Aplikasi Siswas P3DN

Dalam rangka memaksimalkan capaian Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian sesuai target kinerja 80% penggunaan produk Dalam Negeri dalam pengadaan barang dan jasa pada tahun 2022.

Bimbingan Teknis pengisian Aplikasi Siswas P3DN, merupakan rekomendasi dari Monev P3DN Semester I Tahun 2022 yang sudah diselenggaran sebelumnya. Selain itu, Bimtek ini diikuti dengan sosialisasi panduan pencatatan penggunaan PDN pada Aplikasi E-Monitoring APBN. Pada Sosialisasi ini diinformasikan kewajiban Tagging TKDN berdasarkan SE Sekjen Kemenperin No 1 Tahun 2022 menjelaskan bahwa TKDN hanya untuk belanja barang yang memiliki sertifkat TKDN, PDN untuk belanja dalam negeri selain yang memiliki sertifikat TKDN dan impor untuk belanja yang tidak dibelanjakan di dalam negeri.   

Sebelumnya, Sekretariat Jenderal telah menyusun Surat Edaran tentang Panduan Pencatatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Aplikasi  E-monitoring APBN di Kemenperin untuk menghindari kesalahan penentuan Tagging. 

Penyelenggaraan Bimtek ini dilaksanakan secara tatap muka tepatnya di ruang CAT Kementerian Perindustrian pada tanggal 14-20 September 2022 dengan tujuan untuk menghindari kesalahan input dan tagging PDN. Peserta Bimtek ini terdiri dari perwakilan seluruh Eselon II Kementerian Perindustrian, Para Pejabat Pembuat Komitmen dan Para Admin Aplikasi Siswas P3DN dan E-Monitoring APBN.

Video
KEMENPERIN
BPK
KPK
BPKP
MENPAN RB
LKPP
OMBUDSMAN
SP4N Lapor
STRANASPK
IIA Indonesia