[NEW]   Telah Terbit Informasi Publik Laporan PP39 Inspektorat III Triwulan I Tahun 2024.     [NEW]   Telah Terbit Regulasi Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2023.     [NEW]   Telah Terbit Majalah Solusi Menghitung Kerugian Keuangan Negara.
Detail Informasi

Partisipasi Inspektorat Jenderal Kementerian Perindustrian dalam IIA Indonesia National Conference

Dipublikasikan pada 14 Oct 2022
Partisipasi Inspektorat Jenderal Kementerian Perindustrian dalam IIA Indonesia National Conference

Konferensi nasional IIA Indonesia tahun 2022 kembali diselenggarakan secara tatap muka pada tanggal 12-13 Oktober 2022 di Four Points by Sheraton Ungasan Bali dengan tema “Impactful Internal Audit in a Changing World”. Pada Konferensi nasional IIA ini dihadiri oleh kurang lebih 500 peserta yang pada umumnya, merupakan kelompok profesi yang berperan dalam penegakan Tata Kelola yang baik antara lain ialah auditor internal dan para pemimpin perusahaan atau organisasi yang menaruh kepentingan besar pada penegakan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.

Pada kesempatan kali ini, Sekretaris Inspektorat Jenderal menyampaikan materi terkait “Internal Audit in Public Sector – Challenges and Inovation”. Beliau menyampaikan bahwa Audit Internal dalam sektor publik masih memiliki banyak tantangan, terutama tantangan eksternal. Dalam menghadapi tantangan tersebut, diperlukan penguatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam hal:

  • Peningkatan Peran Auditor internal Sektor publik, saat ini focus auditor internal pada assurance, diharapkan peningkatan peran dalam proses consulting;
  • Peningkatan kompetensi auditor (Continuous professional education) seperti kompetensi Teknis Audit, Kompetensi manajerial (Business Process) dan Pola Laku/Kode Etik
  • Peningkatan citra APIP yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah.

Dalam menghadapi tuntutan masa depan, Auditor Internal harus bersikap profesional dan mampu dengan cepat mengikuti perkembangan isu dan teknologi terkini. APIP perlu berinovasi dengan mengembangkan pengawasan berbasis IT agar data dan informasi yang diperoleh lebih relevan dan andal melalui pendekatan data analitycs.

Video
KEMENPERIN
BPK
KPK
BPKP
MENPAN RB
LKPP
OMBUDSMAN
SP4N Lapor
STRANASPK
IIA Indonesia