[NEW]   Telah Terbit Informasi Publik Laporan PP39 Inspektorat IV Triwulan I Tahun 2022.     [NEW]   Telah Terbit Regulasi Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2023.     [NEW]   Telah Terbit Majalah Solusi Kebijakan dan Strategi Pengawasan Intern Kementerian Perindustrian Tahun 2022.
Detail Informasi

Pendampingan Evaluasi Eksternal oleh Tim Kementerian PAN dan RB atas Implementasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada Politeknik STMI Jakarta

Dipublikasikan pada 26 Oct 2022
Pendampingan Evaluasi Eksternal oleh Tim Kementerian PAN dan RB atas Implementasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada Politeknik STMI Jakarta

Tim Penilai Nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) mengunjungi Politeknik STMI Jakarta dalam rangka Evaluasi Lapangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Serangkaian kegiatan yang dilakukan tim dari Kementerian PAN dan RB kali ini bertujuan untuk meninjau secara langsung dan melihat perubahan serta langkah nyata Politeknik STMI Jakarta dalam melakukan pembangunan Zona Integritas di lingkungan unit kerjanya.

Tahapan yang paling penting dalam Zona Integritas adalah pembangunan Zona Integritas itu sendiri. Pembangunan berarti membangun integritas pada unit instansi pemerintah melalui berbagai perubahan dan perbaikan yang terencana, terintegrasi, dan sistematis, dalam bentuk pembangunan dan penerapan budaya integritas, perbaikan dan penerapan SOP, pedoman, dan berbagai peraturan untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi/perbuatan tercela lainnya, dan yang terpenting dalam rangka mempermudah pelayanan publik di instansi pemerintah.

Inspektorat Jenderal sebagai penggerak zona integritas satuan kerja Kementerian Perindustrian sekaligus Tim Penilai Internal (TPI) yang diwakili oleh Bapak Inspektur I dan Koordinator Pengelolaan Data, Informasi, dan Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan turut serta mendampingi evaluasi lapangan yang dilakukan oleh Tim Evaluator Kementerian PAN dan RB.

Evaluasi lapangan ini bertujuan untuk memastikan bahwa data dan informasi yang disampaikan oleh auditi dalam rangka pembangunan ZI menuju WBK telah sesuai dengan kondisi di lapangan, melakukan uji petik terhadap pelaksanaan pelayanan publik yang menjadi salah satu unsur pembangunan ZI menuju WBK. Melalui evaluasi lapangan juga diharapkan dapat langsung dilakukan klarifikasi dan penilaian sementara atas kelengkapan dokumen pembangunan ZI menuju WBK dari auditi.

Harapannya Politeknik STMI Jakarta pada tahun ini mendapatkan predikat WBK sehingga mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan tentunya akan berdampak pada peningkatan kinerja dalam memberikan layanan kepada Publik.

Video
KEMENPERIN
BPK
KPK
BPKP
MENPAN RB
LKPP
OMBUDSMAN
SP4N Lapor
STRANASPK