[NEW]   Telah Terbit Informasi Publik RENKIN Inspektorat Jenderal Tahun 2025.     [NEW]   Telah Terbit Regulasi Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2023.     [NEW]   Telah Terbit Majalah Solusi Menghitung Kerugian Keuangan Negara.
Detail Informasi

Pendampingan Persiapan Desk Evaluasi Zona Integritas

Dipublikasikan pada 10 Sep 2022
Pendampingan Persiapan Desk Evaluasi Zona Integritas

Inspektorat Jenderal melaksanakan kegiatan pendampingan persiapan Desk Evaluasi Zona Integritas di beberapa satuan kerja di Bandung, yaitu Politeknik STTT Bandung, BBSPJIKMN dan BBSPJIT pada tanggal 8-9 September 2022. Pada kunjungan kali ini, Inspektorat Jenderal memberikan gambaran dan pengarahan terkait capaian pembangunan Zona Integritas Kementerian Perindustrian dan capaian perolehan predikat WBK/WBBM 2015-2021 serta Riwayat pengusulan Zona Integritas (ZI) pada satker yang dikunjungi tersebut. Kegiatan pendampingan ini diselenggarakan sebagai persiapan untuk penilaian Zona Integritas Tahun 2022 mulai tanggal 12 September mendatang. Poin-poin yang harus disajikan dalam paparan Zona Integritas masing-masing satker adalah sebagai berikut:

  1. Progres dan capaian hasil pembangunan Zona Integritas pada enam Area Perubahan (before-after) bagi yang mengusulkan WBK;
  2. Unit yang mengusulkan WBBM memaparkan progres dan capaian pembangunan ZI setelah unit kerja mendapat predikat WBK;
  3. Identifikasi dan mitigasi risiko integritas dalam pelaksanaan pelayanan pada unit kerja;
  4. Inovasi pada sektor pelayanan, kinerja, dan penguatan integritas untuk mencegah KKN.

Ketentuan umum lainnya dalam Desk Evaluasi Zona Integritas adalah paparan hasil pembangunan Zona Integritas diunggah pada Drive/Cloud Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah secara kolektif oleh TPI, tautan/link Drive/Cloud tersebut disampaikan oleh TPI melalui https://bit.ly/PaparanZI2022. Paparan tersebut agar dipresentasikan saat Desk Evaluasi. Selain itu, jumlah akun Zoom yang dapat bergabung untuk 1 unit kerja sebanyak 10 akun. Hal-hal lain terkait kehadiran Evaluasi Zona Integritas agar dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Selain memberikan pengarahan terkait persiapan penilaian Zona Integritas, Inspektorat Jenderal juga melakukan kunjungan ke layanan masing-masing satker tersebut.

Video
KEMENPERIN
BPK
KPK
BPKP
MENPAN RB
LKPP
OMBUDSMAN
SP4N Lapor
STRANASPK
IIA Indonesia