[NEW]   Telah Terbit Informasi Publik RENKIN Inspektorat Jenderal Tahun 2025.     [NEW]   Telah Terbit Regulasi Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2023.     [NEW]   Telah Terbit Majalah Solusi Menghitung Kerugian Keuangan Negara.
Detail Informasi

Topping Off Ceremony Gedung Indonesia Manufacturing Center

Dipublikasikan pada 21 Sep 2023
Topping Off Ceremony Gedung Indonesia Manufacturing Center

Topping Off Ceremony Gedung Indonesia Manufacturing Center telah dilaksanakan pada Selasa, 19 September 2023 di Purwakarta. Pada kesempatan tersebut Inspektur Jenderal Bapak M Rum mendampingi Menteri Perindustrian Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau Pembangunan Gedung Indonesia Manufacturing Center (IMC) yang telah mencapai tahap akhir. Gedung ini ditargetkan selesai pada bulan Juni 2024. IMC nantinnya dilengkapi dengan layanan pengembangan dan transfer teknologi, produk industri, hilirisasi dari Research & Development. Kemudian, pengembangan SDM industri, serta memfasilitasi jejaring Kerjasama antara pemangku kepentingan. Gedung yang berlokasi di Kabupaten Purwakarta ini merupakan respon atas Challenge yang diberikan Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa Indonesia harus memperhatikan “Machine making Machine (3M)” atau memprodksi mesin sendiri. Peran IMC diharapkan menjadi Lembaga yang berkolaborasi dan memberikan layanan One Stop Solution bagi pemecahan tantangan sektor industri dalam hal penguasaan teknologi maupun berinovasi. 

Pembangunan IMC melibatkan tenaga kerja dari Masyarakat sekitar serta menggunakan material yang diproduksi di daerah Purwakarta. Pemenuhan TKDN barang dan jasa proyek ini sebesar 71,39% per 13 September 2023. Pembangunan Gedung IMC ini menggunakan TKDN barang/material hingga 47,32% dan TKDN jasa sebesar 83,46% serta melibatkan tenaga kerja dari penduduk sekitar. Hal ini merupakan langkah nyata Kemenperin untuk memberdayakan industri dalam negeri & menciptakan lapangan pekerjaan yang bermanfaat bagi perekonomian daerah. 

Video
KEMENPERIN
BPK
KPK
BPKP
MENPAN RB
LKPP
OMBUDSMAN
SP4N Lapor
STRANASPK
IIA Indonesia